Senin, 19 April 2010

MENYEMPURNAKAN SHALAT DENGAN KHUDHU` DAN KHUSYU`



فى اتّـمام الصلاة بالخضوع والخشوع
قال الله تعالى : (( قد أفلح المؤمنون * الذين هم فى صلاتهم خاشعون ))
Berfirman Allah Swt :
“ Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam shalatnya.”
( QS.Al-Mu`minun : 1-2 )
إعلم أنّ الخشوع منهم من جعله من أفعال القلوب كالخوف والرهبة ومنهم من جعله من أفعال الجوارح كالسكون وترك الإلتفات والعبث
Ketahuilah bahwa mengenai khusyu` itu, ada di antara u`lama yang menjadikannya sebagai sifat-sifat hati seperti khawatir dan takut, dan ada diantara mereka yang menjadikannya sebagai perbuatan anggota-anggota lahir, seperti diam, tidak menoleh dan tidak bermain.
وقد اختلفوا فى الخشوع
Mereka juga berbeda pendapat mengenai khusyu` itu,
هل هو من فرائض الصلاة أو من فضائلها ؟
apakah dia termasuk rukun shalat atau keutamaannya,
على قولين .واستدل من قال بالأوّل بحديث : (( ليس للعبد من صلاته الا ماعقل )) وبقوله تعالى (( وأقم الصلاة لذكرى )) والغفلة تضاد الذكر ولهذا قال تعالى : (( ولا تكن من الغافلين ))
menjadi dua buah pendapat.Orang yang berpendapat pertama memakai dalil hadits,”Tidak ada bagi seorang hamba dari shalatnya kecuali apa yang diangankannya, dan dengan firman Allah Swt :
“ dirikanlah shalat untuk mengingat aku.”
( QS.Thaha : 14 )
Sedang kelengahan bertentangan dengan sikap mengingat itu.
karena itulah Allah Swt.berfirman :Ÿ
“ dan janganlah kamu Termasuk orang-orang yang lalai.”
( QS.Al-A`raf : 205 )
أخرج البيهقى عن محمّد بنسيرين قال نبئت أنّ رسول الله صلى الله عليه وسلم كان إذ صلى رفع بصره إلى السماء فنـزلت الآية
Imam Baihaqi ra. Meriwayatkan dari muhammad bin sirin ra., dia berkata,” Diceritakan padaku sesungguhnya Rasulallah Saw. Bila sedang shalat mengangkat penglihatannya ke langit. Lalu turunlah ayat tersebut di atas.”
وزاد عبد الرزق عنه فأمره بالخشوع فرمى بـبصره نحو مسجده
Abdur Razzaq menambahkan dari Muhammad bin sirin itu. Lalu Allah memerintahkannya dengan kekhusyu`an dan beliau melemparkan pandangannya karah tempat sujudnya.
وأخرج الحكم والبيهقى عن أبى هريرة كان صلى الله عليه وسلم : إذا صلى رفع بصره إلى السماء فنـزلت هذه الآية فطأطأ رأسه
Al-Hakim dan Baihaqi meriwayatkan dari Abu Hurairah ra.,” Rasulullah Saw. Bila sedang shalat waktu itu selalu mengangkat pandangannya ke langit. Lalu turunlah ayat ini, maka beliau menundukkan kepalanya .”
وروى عن الحسن أنّ النبى صلى الله عليه وسلم قال : مثل الصلاة الخمس كمثل نهر جار على باب أحدكم كثير الماء يغتسل فيه كل يوم خمس مرات فهل يبقى عليه من الدرن شيئ ؟ يعنى أنّ الصلوات تطهر من الذنوب ولا تبقى منها شيئا فيما دون الكبائر وهذا إذا صلى بخشوع وخضور قلب والا فهى مردودة عليه
Dan di riwayatkan dari hasan, sesungguhnya Nabi Muhammad Saw. Bersabda, perumpamaan shalat lima waktu adalah seperti sungai yang banyak airnya yang mengalir di muka pintu rumah seorang dari kamu sekalian. Dia mandi disana setiap hari lima kali, lalu apakah masih tersisa padanya sedikit dari daki?” Yakni sesungguhnya shalat-shalat itu menyucikan seseorang dari dosa dan tidak menyisakan sedikitpun dari dosa-dosa itu, kecuali yang besar-besar. Semua ini apabila dia shalat dengan khusyu` dan kehadiran hati. Kalau tidak khusyu`, maka shalat itu ditolak.
Bersabda Nabi Muhammad Saw. “ barangsiapa yang shalat dua raka`at dan tidak berbicara dengan hatinya mengenai segala sesuatu dari masalah duniawi di dalam dua raka`at itu, di ampunilah apa yang telah berlalu dari dosa-dosanya.”
وقال صلى الله عليه وسلم : إنمآ فرضت الصلاة وأمر بالحج والطواف وأشعرت المناسك لاقامة ذكر الله تعالى فإذا لم يكن فى قلبك ااذكرو الذى هو المقصود والمبتغى عظمة ولا هيبة فما قيمة ذكرك
Bersabda Nabi Muhammad Saw.”sesungguhnya diwajibkannya shalat, diperintahkan ibadah haji, dan thawaf serta disyiarkan amalan-amalan haji hanya untuk mengagungkan nama Allah Swt. Maka apabila tidak di temukan dalam hatimu keagungan dan tidak pula kewibawaan bagi Zat yang di sebut, dan hanya Zat itulah yang menjadi tujuan yang di inginkan, lalu apakah artinya penyebutanmu itu ?”
وقال صلى الله عليه وسلم : من لم تنهه صلاته عن الفحشاء والمنكر لم يزدد من الله الا بعدا
Bersabda pula Nabi Muhammad Saw. “ barangsiapa shalatnya tidal mencegah/menghalanginya dari perbuatan keji atau munkar, tidaklah dia bertambah dekat dengan Allah , melainkan bertambah jauh.”
وقال بكر بن عبد الله ياابن آدم إذا شئت أن تدخل على مولاك بغير اذن وتكلمه بلا ترجمان دخلت , قيل وكيف ذلك قال تسبغ وضؤك وتدخل محرابك فإذا أنت قد دخلت على مولاك بغير اذن فتكلمه بغير ترجمان
Bakar bin Abdullah berkata , “ Hai anak cucu Adam, kalau engkau ingin masuk pada Rabbmu tanpa izin lalu engkau berbicara dengan-Nya tanpa penterjemah, maka engkau tentu bisa masuk.” Dikatakan , Bagaimana itu bisa terjadi?” Dia berkata ,” Engkau sempurnakan Wudhu`mu dan engkau masuk langgarmu. Ketika itulah engkau telah benar-benar masuk kepada Rabbmu tanpa izin dan berbicara dengan –Nya tanpa penterjenmah.”
وعن عائشة رضى الله عنها قالت كان رسول الله صلى الله عليه وسلم : يحدثنا ونحدثه فإذا حضرت الصلاة فكأ نّه لم يعرفنا ولم نعرفه اشتغالا بعظمة الله عزّ وجلّ
Diriwayatkan dari Aisyah ra. Dia berkata ,” Rasulullah Saw.sedang berbicara dengan kami. Lalu ketika datang waktu shalat, berubahlah wajah beliau seakan-akan beliau tidak mengenal kami dan kami tidak mengenal beliau, karena tenggelam dalam keagungan Allah Swt.
وقال صلى الله عليه وسلم : لا ينظر الله إلى الصلاة لا يحضر الرجل فيها قلبه مع بدنه
Bersabda Nabi Muhammad Saw. Allah tidak menganggap kepada shalat yang seseorang tidak menghadirkan hatinya bersama badannya.”
وكان إبراهيم الخليل إذا قام إلى صلاة يسمع وجيب قلبه على ميلين
Nabi Ibraqhim Al-Khalil ketika berdiri menjalankan shalat, terdengarlah gemuruh hatinya dari jarak dua mil.
وكان سعيد التنوخى إذا صلى لم تنقطع الدموع من خديه على لحيته
Said At-Tanukhi bila sedang melakukan shalat, air mata tak pernah berhenti mengalir dari kedua pipinya kearah jenggotnya.
ورأى رسول الله صلى الله عليه وسلم : رجلايعبث بلحيته فى الصلاة
Dan Rasulullah Saw. Pernah melihat seorang laki-laki yang mempermainkan jenggotnya dalam shalat.
فقال صلى الله عليه وسلم : لو خشع قلب هذا لخشعت جوارحه
Beliau bersabda,” Seandainya hati orang ini khusyu` , tentu khusyu` pula semua anggota tubuhnya.”
وروى أن عليا كرم الله وجهه كان إذا حضرت الصلاة يتـزلزل ويتـلون وجهه فيقال له مالك يا أمير المؤمنين فيقول جاء وقت أمانةعرضها الله على السموات والأرض والجبال فأبين أن يحملنها وأشفقن منها وحملتها
Sesungguhnya sayyid Ali bin abi Thalib Kwh. Bila waktu shalat telah datang dia menjadi tergoncang dan pucat wajahnya . lalu dikatakan kepadanya ,” Wahai Amirul Mu`minin, ada apa denganmu ?” Dia menjawab,”Telah datang waktu Amanat yang pernah ditawarkan oleh Allah pada langit, bumi dan gunung. Semuanya menolak untuk memikulnya dan mengkhawatirkan amanat itu, tetapi aku telah memikulnya.”
ويروى عن على بن الحسن أنّه كان إذا توضأ اصفر لونهفيقول له أهله ما هذا الذى يعتريك عند الوضوء فيقول أتدرون بين يدى من أريد أن أقوم
Diriwayatkan dari Ali zainal a`bidin bin Husain, sesungguhnya apabila dia sedang wudhu menjadi pucatlah warna kulitnya. Istrinya bertanya kepadanya,” apa yang terjadi padamu ketika wudhu?”Dia menjawab,” Adakah engkau tahu, di hadap[an siapakah aku hendak berdiri menghadap?”
ويروى عن حاتم الأصم أنّه سئل عن صلاته فقال إذا حانت الصلاة أسبغت الوضوء وأتيت الموضع الذى أريد الصلاة فيه فأتمعد فيه حتى تجتمع جوارحى ثمّ أقوم إلى الصلاة وأجعل الكعبة بين حاجبى والصراط تحت قدمى والجنة عن يمينى والنار عن شمالى وملك الموت ورائى وأظنها آخر صلاتى ثمّ أقوم بين الرجاء والخوف وأكبر تكبيرا بتحقيق وأقرأ قراءة بترتيل وأركع ركوعا بتواضع وأسجد سجودا بتخشع وأقعد على الورك الأيسر وأفرش ظهر قدمها وأنصب القدم اليمنى على الابهام وأتبعها الإخلاص ثمّ لاأدرى أقبلت منى أم لا
Diriwayatkan dari Hatin Al-Asham, sesungguhnya dia di tanya mengenai shalatnya.Dia berkata ,” Apabila waktu shalat datang, aku lekas menyempurnakan wudhu. Aku datang ketempat dimana aku akan melakukan shalat.dan aku datang ke tempat di mana aku akan melakukan shalat, dan aku duduk di sana hingga semua anggota tubuhku menyatu, kemudian barulah aku berdiri shalat.Aku jadikan ka`bah berada diantara hajatku, shirat berada di bawah telapak kakiku, surga disebelah kananku, neraka disebelah kiriku,malaikat maut ada dibelakangku dan aku menganggap shalat itu merupakan shalat terakhir. Kemudian aku berdiri di tengah-tengah roja ( mengharaf rahmat Allah ) dan khauf ( takut azab allah ), aku membaca takbir dengan takbir yang mantap, membaca dengan tartil, aku ruku` dengan ruku` yang disertai tawadhu`, aku sujud dengan sujud yang khusyu` aku duduk di atas pantat sebelah kiri dan membuat alas punggung telapak kaki kiri itu, aku menegakkan telapak kaki kanan pada ibi jarinya, dan aku sertakan rasa ikhlas atas shalatku itu, kemudian aku tidak tahu apakah shalat dariku itu diterima atau tidak.”
وقال ابن عباس رضى الله عنه ركعتان مقتصدتان فى تفكر خير من قيام ليلة والقلب ساه
Ibnu Abbas ra. Berkata ,” Dua rakaat yang tidak terlalu lama dengan tafakkur adalah lebih baik daripada berdiri semalam, sementara hati dalam kelengahan.”
وقال صلى الله عليه وسلم : يأتى فى آخر الزمان ناس من أمتى يأتون المساجد فيقعدون فيها حلقا ذكرهم الدنيا وحب الدنيا لا تجالسوهم فليس لله بهم حاجة
Bersabda nabi Muhammad Saw. “ Bakal datang di akhir masa, orang-orang dari umatku yang datang ke masjid-masjid , mereka duduk disana bergerombol, tetapi dzikir mereka masalah duniawi dan cinta dunia . janganlah kamu berkumpul dengan mereka, karena Allah tidak membutuhkan mereka.”
وعن الحسن أنّ النبي صلى الله عليه وسلم قال : ألا أخبركم بأسواالناس سرقة قالوا من هو يا رسول الله قال الذى يسرق من صلاته قالوا وكيف يسرق من صلاته قال لايتم ركوعها ولا سجودها
Dari Sayyid Hasan ra. Sesungguhnya Nabi Muhammad Saw. Bersabda,” Maukah kamu bercerita tentang orang yang paling buruk dalam mencuri ?”Mereka bertanya,” Bagaimana caranya dia mencuri shalatnya ?” Beliau bersabda ,” Yaitu tidak menyempurnakan ruku` dan sujudnya.”
وقال صلى الله عليه وسلم : أوّل ما يحاسب به العبد يوم القيامة الصلاة فإن كان قد أتمها هون عليه الحساب وإن كان قد انتقص منها شيئا
Bersabda nabi Muhammad Saw. “ Pertama kali yang dihisabkan pada seorang hamba besok hari kiamat adalah shalat. Kalau dia telah menyempurnakannya,diringankanlah hisab baginya dan kalau dia telah mengurangi sedikit dari shalat itu,
قال الله تعالى لملائكته هل لعبدى من تطوع فأتموا الفريضة منه
berfirmanlah Allah Swt. Pada para malaikat, “ Adakah hamba-Ku itu memiliki sunat, maka sem,purnakanlah kewajiban dengan itu.”
وقال صلى الله عليه وسلم : ما أعطى عبد عطاء خيرا من أن يؤذن له فى ركعتين يصليهما
Bersabda Nabi Muhammad Saw. “ tidaklah seorang hamba diberi sesuatu yang lebih baik daripada kalau dia di izinkan melakukan shalat dua raka`at.”
وكان عمر بن الخطاب رضى الله عنه إذا أراد القيام إلى الصلاة اترتعد فرائمه وتصطك أسنانه فقيل له ماذلك قال حان وقت أداء الأمانة وقضاء الفريضة ولا أدرى كيف أؤديها
Umar bin Khathab ra., bila hendak berdiri menjalankan shalat persendian-persendiannya bergetar dan gigi-giginya beradu.Lalu ditanyakan padanya tentang itu. Dia menjawab,” Telah datang waktu untuk menyampaikan amanat dan menunaikan kewajiban, sedang aku tidak tahu bagaimana aku akan menunaikannya.
حكى عن خلف بن أيوب أنّه كان قائما فى الصلاة فلدغة زنبور فسال منه الدم وهو لايشعر حتى خرج ابن سعيد فأعلمه بذلك فغسل ثوبه فقيل له يلدغك زنبور ويسيل منك الدم ولم تشعر به فقال أيشعر بمثل هذا من يكون واقفا بين يدى الملك الجبار وملك الموت على قفاه والنار عن شماله والصراط تحت قدميه
Ada sebuah kisah dari Khalaf bin Ayyu, sesungguhnya dia pernah berdiri dalam shalat. Tiba-tiba lebah menyengatnya dan mengalirlah darahnya, tetapi dia tidak merasakan hal itu. Hingga pada akhirnya Ibnu Sa`id keluar dan memberitahukannya mengenai hal itu. Dia lalu membasuh pakaiannya dan di tanyakan padanya ,” Engkau di sengat lebah dan darah keluar darimu. Mengapa engkau tidak merasakannya?” dia balik bertanya,”Adakah hal itu terasa bagi seseorang yang sedang berdiri di hadapan Rabb yang Raja lagi Maha Perkasa, sedang malaikat maut berada di tengkuknya , mereka di sebelah kirinya dan shirat di bawah telapak kakinya.”
ووقعت الآكلة فى يد عمرو بن ذر وكان جليلا فى الزهد والعبادة فقال له الأطباء لابدلك من قطع هذه اليد فقال اقطعوها فقالوا : لانقدر على قطعها الا أن نشدك بالجبال فقال لا ولكن إذا شرعت فى الصلاة فاقطعوها حينئذ فلما دخل فى الصلاة قطعت يده ولم يشعر بذلك
Amr bin Dzarr terserang sakit yang dapat merontokkan tangannya. Dia adalah orang yang tinggi dalam zuhud dan i`badah.Dokter-dokter berkata kepadanya ,” tidak bisa lain harus dipotong.” Dia menjawab,” Potonglah?” mereka berkata, “ kami tidak dapat memotongnya kecuali kami harus mengikatmu dengan tali.” Dia berkata,” Jangan lakukan itu, kecuali bila aku sudah masuk dalam shalat, potonglah saat itu.” Ketika dia sudah masuk dalam shalat dipotonglah tangannya itu dan dia tidak dapat merasakan hal itu.

1 komentar:

doa ba`da shalat terawih

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَانِ الرَّحِيْمِ * اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًا يُّوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ * يَارَبَّـنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِى لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ * اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ
اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا بِاْلإِيْماَنِ كَامِلِيْنْ وَلِفَرَائِضِكَ مُؤَدّيِنَ * وَلِلصَّلَوَاتِ حَافِظِيْنَ * وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ * وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ * وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ * وَبِالْهُدَى مُتَمّسِّكِيْنَ * وَعَنِ اللَّغْوِ مُعْرِضِيْنَ * وَفِى الدُّنْياَ زَاهِدِيْنَ * وَفىِ اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ * وَبِالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ * وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ * وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ * وَتَحْتَ لِوَاءِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ * وَإِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ * وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ * وَمِنَ النّاَرِ ناَجِيْنَ * وَعَلَى سَرِيْرِ الْكَرَامَةِ قاَعِدِيْنَ * وَمِنْ حُوْرِ الْعِيْنِ مُتَزَوِّجِيْنَ * وَمِنْ سُنْدُسٍ وَإِسْتَبْرَقٍ وَدِيْـبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ * وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ * وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ * بِأَكْوَابٍ وَأَباَرِيْقَ وَكَأْسٍ مِنْ مَعِيْنٍ * مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّـيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ * وَحَسُنَ أُوْلَئِكَ رَفِيْقًا * ذَلِكَ اْلفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا * اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا فىِ هَذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ * وَلَا تَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ * رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي ْالآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ * وَصَلَّى اللهُ وسَلَّمَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ * وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ